Rabu, 17 Juli 2013

Balada UjiKom Naas

                Kamis, 21 Februari 2013 adalah hari yang tak akan pernah kulupakan dalam hidupku. Karena pada hari itu aku mengalami nasib yang sungguh menyebalkan, bikin muak, bikin kesel, dan bikin stress. Yaitu kesialan ketika ujian praktek kejuruan, atau yang namanya Uji Kompetensi. Perasaan kesal, panik, bingung dan stres bercampur menjadi satu. Mau marah tapi sama siapa, mau nangis tapi malu, mau lompat dari gedung tingkat 10 ga mungkin, karena gedung sekolah Cuma sampe lantai 2. Kejadian itu terjadi begitu cepat, sampe-sampe aku tak tau harus ngapain.
            Saya Ali Akbar, siswa kurus berambut gondrong dan berkacamata yang memiliki hobi main PES dan memiliki phobia yang amat sangat mendalam pada anjing ini adalah salah satu siswa kelas 3 TKJ di SMK Igasar Pindad Bandung. Anak kelas 3 di SMK yang dulunya STM ini harus melewati Ujian Praktek Kejuruan sebelum menghadapi Ujian Sekolah dan Ujian Nasional, dan Ujian Praktek Kejuruan ini disebut Uji Kompetensi. Sebagai anak jurusan TKJ alias Teknik Komputer dan Jaringan saya tentu saja menghadapi Uji Kompetensi dengan harus bertatapan dengan Komputer (Ya iyalah ‼!).
            Hari demi hari menjelang Uji Kompetensi atau kalo disingkat jadi UjiKom dilalui dengan banyak persiapan. Hampir setiap hari sepulang sekolah aku latihan di Lab. Komputer sekolah agar aku bisa melewati UjiKom dengan hasil yang baik. Ya meskipun sekalian sambil Internetan juga, yang penting aku telah berusaha untuk bisa. Saya beruntung memiliki teman sekelas yang jago pada Komputer, saking jagonya dia sampe-sampe kepalanya jadi botak (saya tau ini emang ga Nyambung). Tapi, teman saya ini selain jago komputer dia juga mau mengajarkan pada teman-temannya, benar-benar hebat yaa. Teman saya yang jago komputer ini bernama Shendi, dia hampir setiap hari mau meluangkan waktunya untuk mengajarkan kepada teman-teman, hingga akhirnya kami merasa pede untuk bisa menghadapi UjiKom.
            Hari ketika UjiKom pun tiba. Dalam satu hari dibagi menjadi 2 Shift, dimana dalam 1 Shift 10 orang yang memulai UjiKom. Berhubung karena saya kelas 12 TKJ 3 maka saya tidak UjiKom di hari pertama, karena dimulai dari kelas 12 TKJ 1 dulu (ya iyalah, kayaknya anda juga udah tau). Hari hari pun berlalu, ada banyak info yang didapat dari orang-orang yang telah melaksanakan UjiKom lebih dulu. Dari beberapa orang yang kutanya kebanyakan mengalami kesalahan pada konfigurasinya, itu artinya kemungkinan ada kesalahan pada hardware menjadi sangat kecil.
            Harinya pun tiba. Kamis tanggal 21 Februari 2013 pada shift 2 jam 13.30 WIB, UjiKom resmi saya hadapi. Sebelum UjiKom aku sempat latihan dan ternyata masih ada kesalahan, beruntung bisa diselesaikan meski dengan bantuan orang lain. Dalam hati aku yakin bisa lulus dan menyelesaikannya dalam waktu yang singkat. Aku mengambil soal paket 3 yang dimana dalam soal dijelaskan kalo aku harus membuat jaringan Client Server dengan menggunakan topologi star dan mengkonfigurasi DNS Server, Web Mail, dan Mail Server. Serta diharuskan untuk membongkar komputer serta merakitnya kembali (Ngapain juga ya, cape-cape) dan juga harus membuat kabel UTP bertipe Straight (kalo nggak ngerti sabar aja ya, maklum penulisnya juga kagak ngerti). Ujikom pun resmi dimulai. Semua siswa pun terlebih dahulu mengecek Komputernya, menyala atau tidak. Kalo ga nyala ya bisa diganti dengan yang lain. UjiKom pun dimulai dari pukul 12.30.sampai 16.00 WIB.
            Aku pun langsung kaget ketika komputer yang kupakai untuk Client tidak menyala, dan langsung kutanyakan kepada bapak guru penguji. Alhamdulilah ternyata tidak apa-apa, hanya ada kesalahan pada pemasangan kabel indikator sehingga tidak bisa menyala. Setelah dicek ternyata komputer dalam keadaan baik, aku langsung memulai tugasku. Aku menginstall Komputer server dengan sistem operasi Linux Debian. Sembari menunggu instalasi selesai aku membuat kabel UTP jenis Straight.
            Masalahnya kabel UTP kali ini harus menggunakan susunan warna kabel yang standar internasional, sedangkan pada pembelajaran sehari-hari kami tidak menggunakan susunan yang standar internasional. Tetapi, SNI yaitu Standar Nasional Igasar. Pada pembuatan kabel ini aku belum terbiasa dan akhirnya ketika dicek dengan menggunakan LAN Tester ternyata kabel yang kubuat itu salah. Akhirnya kucoba untuk buat lagi, dan ternyata masih salah juga. Aku berusaha untuk tenang, akhirnya aku tinggalkan dulu nih kabel dan langsung kulakukan konfigurasi DNS, Web, dan Mail di Komputer Server, dan berhasil.
            Indikator keberhasilannya adalah telah terciptanya DNS lalu web serta mail yang menginduk pada web tersebut. Saat dicek di browser ternyata bertuliskan it’s works yang artinya sudah benar, dan saat membuka mail sudah bisa Login dan saling mengirim pesan. Dalam hati aku semakin pede, karena aku telah menyelesaikannya pada sekitar jam 14.15-an. Masih ada banyak waktu, aku sudah sangat optimis bisa menyelesaikannya dengan waktu yang singkat. Yang ada dalam pikiranku adalah tinggal menyelesaikan kabel lalu hubungkan Client dan Server melalui Hub, koneksikan, lalu saling mengirim pesan dari Client ke Server, simple. Namun lagi-lagi aku salah bikin kabel, ahh menyebalkan sekali. Tapi keberuntungan datang ketika ternyata ada Shendi yang bawa kabel UTP nya sendiri. kebetulan Shendi baru akan menghadapi UjiKom 2 hari kemudian, sehingga dia mau dengan berbaik hati meminjamkan kabelnya padaku.
            Akhirnya kabel pun terpasang, tinggal dikoneksikan. Namun, apa yang terjadi ? ternyata tidak bisa terkoneksi. Waduhhh,,, gimana ini ? kucoba restart komputer client tapi tetap saja Request Time Out alias tidak bisa terkoneksi. Akhirnya ku restart komputer servernya, namun ternyata setelah direstart si komputer sialan ini kagak mau masuk ke sistem operasinya. Kucoba untuk menunggu tapi kagak masuk-masuk juga. Lalu kutanyakan pada bapak guru penguji, ternyata beliau pun tidak bisa menyelesaikannya, lalu beliau menginstruksikan untuk melakukan install ulang. Busseeetttt ‼‼ ini udah jam 15.00 alias jam 3, sebentar lagi waktunya habis. Apa boleh buat akhirnya saya install ulang komputernya. Setelah diinstal ulang saya memulai lagi konfigurasi dari awal, konfigurasi awal adalah konfigurasi DNS Server. Setelah selesai mengkonfigurasi DNS ternyata ada masalah. Saat dicek ada kesalahan yang ditandai dengan adanya tulisan cannot find server. Gila‼‼! Kucuba untuk mengulang konfigurasinya tapi masih tetap sama. Lalu kutanyakan pada temanku yang sudah selesai yaitu Billy. Dia mencoba membantu dan hasilnya, saya sama sekali tidak terbantu. Billy merasa bingung, lalu dia mencoba mengulang konfigurasinya dan hasilnya tetap GAGAL. Akhrinya Billy menyarankan kepadaku sesuatu yang bakalan membuatku kaget serta mengalami shock yang sungguh amat sangat, yaitu Install Ulang.
            Arrrggghhh… Sialan ‼‼ udah cape-cape dari tadi harus install ulang lagi, dan parahnya ketika kulihat jam, jarumnya sudah menunjukkan pukul 16.30 WIB. Seharusnya waktunya sudah habis, tapi karena masih ada beberapa orang yang belum selesai dan dikarenakan ada kesalahan teknis, maka Bapak Guru penguji mau berbaik hati memberikan toleransi hingga pukul 17.00 WIB. Karena tak ada pilihan lagi akhirnya kuturuti saran Biadab si Billy, yaitu Install Ulang. Setelah diinstall ulang aku memulai melakukan konfigurasi lagi, kali ini aku harus lebih hati-hati takut ada kesalahan. Akhirnya konfigurasi DNS bisa diselesaikan dengan baik, waktu sudah menunjukkan pukul 16.40 WIB, aku pun makin gak karuan. Tapi Billy membuatku lebih tenang, aku pun merasa lebih tenang. Saat itu si Billy tenang-tenang saja dan sempet-sempet nya mencoba untuk membantuku (Ya iyalah, kan udah selesai).
            Akhrinya aku masuk tahap akhir yaitu konfigurasi Mail. Setelah selesai kucoba cek di browser ternyata bisa masuk. Dalam hati diriku merasa sumringah, bagaikan mendapat pencerahan dari langit, kemenangan pun serasa telah digenggam, namun. Ternyatanya Mailnya tak bisa Login, Tidddaaaakkkkk‼‼ jeritku dalam hati. Lalu kucoba tuk mengulangi konfigurasinya, lalu aku masuk browser, mengetikkan alamat Mailnya, lalu tampilan Mail muncul dan Saat Login pun berhasil masuk. Dalam hati aku sudah berkata Alhamdulilah dan merasa ingin melakukan salto sambil bilang Wooww. Tapi, ketika kucoba send atau kirim pesan ternyata ERROR.
            Kamprett‼! Kucoba tuk meneliti di mana letak kesalahannya. Kulakukan pengecekan dari langkah-langkah sebelumnya. Ku ulangi konfigurasinya, jam sudah membuatku makin deg-degan dengan jarumnya yang sudah menunjukkan pukul 16.50 WIB. Sepuluh menit lagi waktunya habis, tapi ku mencoba untuk tenang (dari tadi Coba terus, Buat anak kok Coba-coba). Lalu perlahan aku masuk ke Mail, lalu Login lalu mencoba mengirim pesan. Akhrinya, BERHASIL‼‼ lalu di cek di Client ternyata sudah bisa saling mengirim pesan. Waktu menunjukkan pukul 16.59 WIB, dan tugas telah selesai. Alhamdulillah aku berhasil tepat sebelum pukul 17.00 WIB. Perjuangan yang menguras otak, pikiran, dan tenaga akhirnya telah selesai.
            Sebenarnya dibalik keapesanku hari ini ada keberuntungan yang didapet, yaitu tak adanya penguji dari pihak Industri, itu artinya pengujinya hanya guru-guru saja. Penguji dari pihak Industri tak hadir bukan karena membolos, tapi karena sehari sebelumnya ada info dari PLN yang memberitahukan bahwa akan ada pemadaman listrik mulai dari sekitar pukul 10.00 WIB, tapi ternyata kagak jadi. Ya ga apa-apalah, yang penting aku tetap mendapat Nilai. Hufthh… sungguh hari yang luar biasa, hari ini tak akan kulupakan seumur hidupku. Jadi, kesimpulannya aku tidak boleh gampang panik, semua permasalahan harus diselesaikan dengan kepala dingin. Oleh karena itu dilain kesempatan aku akan membawa sekantong es batu saat Ujian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar